Lantaran Pergeseran Tren, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

Lantaran Pergeseran Tren, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

Lantaran Pergeseran Tren, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

Ada yang menarik berasal dari penjualan otomotif 2020. Dalam th. yang dihiasi disrupsi akibat pandemi, PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil cetak prestasi. Untuk kali pertama didalam peristiwa eksistensi HPM di Tanah Air, kelanjutannya satu nama Honda berhasil jadi mobil terlaris sepanjang setahun. Adalah famili Brio yang duduk mendominasi di atas semua mobil lain di Indonesia terhadap th. lalu.
Pasang Bola
Ya, penjualan mobil secara menyeluruh di th. lalu memang anjlok hampir setengahnya. Melansir knowledge Gaikindo, penyerapan retail dicatatkan sebesar 578.327 unit saja. Turun lebih kurang 44,6 % berasal dari torehan 2019 sebanyak 1.043.017 unit. Bukan cuma turun, posisi klasemen pun berganti sejalan terjadinya perubahan perilaku konsumen agar menempatkan Brio sebagai product terlaris th. lalu.

“Tahun 2020 terjadi disrupsi besar yang tidak cuma berdampak terhadap industri namun terhitung terhadap perilaku konsumen terhadap kelanjutannya terhitung berpengaruh terhadap performa penjualan Honda Brio th. lalu,” ucap Business Innovation plus Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy terhadap kesempatan konferensi pers digital (18/1/2021).

Apa penyebabnya? Yusak Billy menyatakan ia menyaksikan ada pergeseran perilaku berasal dari masyarakat yang sebelumnya pakai transportasi umum jadi pengguna mobil pribadi. Ini dinilai sebagai aspek pendorong perkembangan first time buyer. Brio pun jadi keliru satu opsinya karena duduk di segmen mobil tidak mahal LCGC.

Ia menyatakan segmen Low MPV (multi purpose vehicle) yang sepanjang ini jadi favorit mengalami penurunan permintaan terhadap th. lalu. Di sini Honda punya Mobilio. Demand pasar meningkat di segmen Low SUV (sport utulity vehicle) namun segmen city car yang diisi Brio memang stabil.

Meningkatnya penjualan Honda Biro ini lumayan anomali karena berasal dari 10 mobil paling laris sepanjang 2020, Honda Brio adalah salah satu yang berjenis hatcback. Sembilan mobil terlaris lainnya, 6 berjenis MPV atau SUV dan 3 lainnya komersial.

Pada porsi penjualan Honda sendiri, Brio berkontribusi atas 54 % berasal dari keseluruhan hasil sepanjang tahun. Mencatatkan angka 33.713 unit untuk style Satya dan 11.308 unit RS berasal dari keseluruhan 79.451 unit. Hingga akhir th. Brio Satya diklaim sebagai market leader segmen LCGC bersama meraup pangsa pasar 27,2 persen. Sementara itu, varian termahal RS menguasai segmen City Car sebanyak 74,7 persen.

“Kami bangga bahwa Honda Brio jadi product yang di terima bersama terlalu baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan product istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, terlebih anak-anak muda dan konsumen mobil pertama, bersama fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, dan juga harga dan biaya operasional terjangkau. Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk tetap mengembangkan produk-produk cocok bersama cii-ciri dan permintaan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor didalam keterangan resmi.

Jelas bukan tanpa usaha. Dipicu pembatasan aktivitas di luar rumah, HPM kerahkan tenaga di dunia digital. Sesuai target pasar Brio yang diperuntukan bagi konsumen berusia muda. Termasuk di dalamnya program modifikasi digital dan game di smartphone. Tak ketinggalan mereka kuatkan aset digital layaknya media sosial dan website. Semua ini pun jadi pendukung promosi dan komunikasi berasal dari nilai product Brio itu sendiri berikut ditambah program penjualan. Terbukti, diakui tersedia peningkatan pembelian secara digital baik itu secara langsung maupun berasal dari follow up data.

Jelas nama Honda Brio telah tidak asing di telinga. Eksis lebih berasal dari 8 th. sejak resmi dikenalkan 2 Agustus 2012 sebagai style pertama Honda di segmen mobil perkotaan alias City Car. Menjadi keliru satu city car menyenangkan bersama perbekalan 1.300 cc.

Baru lebih kurang setahun kemudian, tepatnya 11 September 2013, mampir varian Brio Satya. Langsung jadi kontestan proyek mobil tidak mahal nan ramah lingkungan yakni LCGC. Sokongan pemacunya diganti ke unit empat silinder i-VTEC SOHC berkapasitas 1.200 cc bersama tenaga terbesar di kelasnya. Seperti diketahui, keliru satu syarat bermain di ranah LCGC yakni perlu diproduksi didalam negeri. Kandungan lokalnya pun kini ditingkatkan sampai meraih 89 persen.

Nama Satya sendiri diambil berasal dari bahasa sansekerta yang artinya tulus atau setia, begitulah persembahannya sebagai product nasional. Di samping itu, ia menganut logo spesifik. Terinspirasi berasal dari bentuk bunga melati – bunga nasional Indonesia – dan jadi diferensiasi berasal dari product berlogo “H” lainnya.

Seiring penyegaran produk, Honda melengkapi jajaran lewat style Brio RS terhadap 2016. Menegaskan cii-ciri sporty sang hatchback. Setelah itu, generasi resmi berganti terhadap 2 Agustus 2018. Desain berubah keseluruhan dan dimensi mengembang signifikan. Menawarkan kelapangan kabin didalam paket tubuh kompak. Kesan sporty tak ketinggalan cocok DNA Honda dan karakteristik peminat hatchback di Indonesia.

Dalam sementara 8 th. sejak pertama kali diluncurkan sampai sementara ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit. Tak cuma untuk pasar didalam negeri, PT HPM terhitung telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, bersama keseluruhan pengiriman sebesar 5.970 unit di th. 2020 lalu.

Berikut adalah daftar mobil terlaris sepanjang Januari sampai bersama Desember 2020:

Honda Brio: 40.879 unit
Suzuki Carry: 38.072 unit
Toyota Avanza 35.754 unit
Daihatsu Gran Max (minibus dan pikap): 32.373 unit
Toyota Rush: 29.361 unit
Toyota Kijang Innova: 27.594 unit
Mitsubishi Xpander: 26.362 unit
Toyota Calya: 23.442 unit
Daihatsu Sigra: 23.295 unit
Mitsubishi L300: 16.088 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *