Awasi Detak Jantung saat Nyetir Belajar dari Kasus Chacha Sherly

Awasi Detak Jantung saat Nyetir Belajar dari Kasus Chacha Sherly – Artis Chacha Sherly meninggal dunia, usai mengalami kecelakaan di Tol Solo-Semarang KM 428 terhadap Senin kemarin. Kendaraan yang ia tumpangi mengupayakan menghindari tabrakan beruntun, tapi malah oleng dan nampak jalur.

Mantan personel Trio Macan itu mengembuskan napas terakhir, usai mendapat perawatan akibat luka terhadap dada dan kepalanya. Ia juga sempat koma, akibat mengalami pendarahan di kepala.

Selasa 5 Januari 2021, korban kecelakaan lain bernama Suhardi mengaku pas itu cuaca di dalam suasana hujan lebat dan jarak pandang terbatas. Ada kendaraan melaksanakan pengereman mendadak di depannya. Ia lantas melaksanakan perihal yang sama, tapi tabrakan tidak terhindarkan.

Director Training Safety Defensive Consultant, Sony Susmana yang diminta respon soal moment selanjutnya mengatakan, meski kendaraan udah disempurnakan bersama peranti canggih, tapi kendali selalu 100 % di tangan pengemudi.

“Mengemudi perlu trick dan jurus di dalam mengantisipasi suasana cuaca buruk. Namanya Anticipation Driving, dan ini perlu harus dimiliki seorang pengemudi,” ujarnya.

Salah satu perihal yang harus diantisipasi, kata Sony adalah aquaplaning, yaitu suasana di mana karet ban kehilangan cengekeraman ke aspal akibat melintasi genangan air.

“Jangan anggap remeh, ini butuh perhitungan yang matang, ketenangan, pengecekan emosi dan skill, sehingga kendaraan terkontrol. Pembalap saja dulu gagal di dalam mengantisipasi aquaplaning kok,” tuturnya.

Menurut pakar safety driving tersebut, reaksi pertama yang harus dilakukan pengemudi pas berkendara di pas hujan adalah antisipasi.

“Ketika bergerak di cuaca ekstreme, seluruh gejala keseimbangan mobil tentu terganggu. Tetap tenang, pengecekan kecepatan kendaraan bersama posisi sigap. Perhatikan di kecepatan berapa jantung pengemudi jadi berdebar, di situ kecepatan maksimalnya dan yang ideal mengurangi 10-20 kilometer per jam,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *